PENDIDIKAN KARAKTER di TK

 

v Pengertian Karakter

v  Adalah watak, sifat, tabiat. (Kamus Besar  Indonesia Kontemporer)

v  adalah kualitas mental atau moral, nama atau reputasi. (Hornby & Parnwell)

v  Karakter baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik di kehidupan sehari-hari: pikiran baik, hati baik, dan tingkah laku baik. Berkarakter baik berarti mengetahui yang baik, mencintai kebaikan, dan melakukan yang baik. (Kevin Ryan & Karen E.Bohlin)

Pendidikan Karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga mereka memiliki perilaku yang terpuji

v Latar Belakang

  1. Belum dihayatinya nilai-nilai moral Spiritual
  2. Keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai moral spiritual
  3. Bergesernya nilai etika dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara
  4. Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa
  5. Kian lunturnya budaya nasional
  6. Melemahnya kemandirian anak bangsa
  7. Pengaruh media yang cukup memprihatinkan
  1. Kurang terakomodasinya pendidikan karakter bangsa dalam pendidikan formal, nonformal, dan informal

v FUNGSI

  1. Pengembangan : potensi peserta didik
  2. Perbaikan : memperkuat kiprah pendidikan Nasional
  3. Penyaringan : budaya bangsa dan bangsa lain

v TUJUAN

  1. Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik
  2. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik
  3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik
  4. Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan
  5. Mengembangkan lingkungan hidup sekolah  sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur,penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan.

v TIGA UNSUR MUTLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

 Knowing the good, anak tidak hanya mengetahui tentang hal-hal yang baik, tetapi mereka juga memahami perlunya melakukan hal-hal yang baik.

 Feeling the good, membangkitkan rasa cinta anak untuk melakukan hal-hal yang baik dan berlatih merasakan efek dari perbuatan baiknya.

 Acting the good, anak dilatih dan dibiasakan untuk berbuat mulia.

(Ratna Megawangi)

v CIRI –CIRI GURU BERKARAKTER  MENYENANGKAN

      Antuasias; semangat hidup

      Berwibawa; menggerakkan orang

      Positif; melihat setiap peluang

      Supel; pandai bergaul

      Humoris; lapanghati menerima salah

      Luwes

      Fasih

      Tulus

      Spontan

      Menarik dan tertarik; mengaitkan setiap informasi dengan kehidupan dan peduli pada sesama manusia

      Menganggap setiap orang mampu

      Menetapkan dan memelihara harapan tinggi

BAGAIMANA TRADISI KARAKTER DIBANGUN

  1. Mulailah dari niat para pimpinan sekolah, niat untuk menjadi sekolah yang bermutu dan berkarakter
  2. Rumuskan Visi yang benar
  3. Tetapkan jaminan mutu lulusan
  4. Standarisasi guru
  5. Jadikan ibadah sebagai misi utama sekolah

UNTUK APA PENDIDIKAN KARAKTER?

  1. Menjadi sekolah karakter, tempat meletakkan karakter pertama kali
  2. Mengajari nilai, respek dan tanggungjawab
  3. Mengembangkan kebajikan yang memungkinkan memandu dan mengisi kehidupan dan membangun dunia yang lebih baik
  4. Memperbaiki moral dan budaya intelektual sekolah

KONSEP PENGEMBANGAN KARAKTER

Dr. Ratna Megawangi, pencerus karakter di Indonesia

Ada 9 Pilar

  1. Cinta Tuhan dan kebenaran ((love Allah, trust, reverence, loyalty )
  2. Tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemandirian  (responsibility, excellence,

  self reliance, discipline, orderliness)

  1.  Amanah (trustworthiness, reliability, honesty )
  2. Hormat dan santun (respect, courtessy, obedience)
  3. Kasih sayang, kepedulian, dan kerjasama (love, compassion, caring, empathy,

    generousity, moderation, cooperation)

  1. Percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah (confidence, assertiveness, 

    creativity, resourcefulness, courage, determination and enthusiasm)

  1. Keadilan dan kepemimpinan (justice, fairness, mercy, leadership)
  2. Baik dan rendah hati (kindness, friendliness, humility, modesty)
  3. Toleransi dan cinta damai (tolerance, flexibility, peacefulness, unity)

 

 

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI  TAMAN KANAK-KANAK

18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK

 

1.Nilai Religius

2.Nilai Jujur

3.Nilai Toleransi

4.Nilai Disiplin

5.Nilai Kerja Keras

6.Nilai Kreatif

7.Nilai Mandiri

8.Nilai Demokrasi

9. Nilai Rasa Ingintahu

10. Nilai Semangat Kebangsaan

11. Nilai Cinta Tanah Air

12. Nilai Menghargai Prestasi

13. Nilai Bersahabat Komunikatif

14. Nilai Cinta Damai

15. Nilai Gemar Membaca

16. Nilai Peduli Lingkungan

17. Nilai Peduli  Sosial

18. Nilai Tanggung Jawab

 

                                                       RENCANA KEGIATAN HARIAN
                                         
Kelompok              : A1                 
                                                 Minggu/semester                    : 10 / I
                                                 Tema/Subtema                        : Negaraku Tercinta/ kotaku magetan
                                                 Hari/Tanggal               : Senin, 19 maret 2012

Indikator

Kegiatan pemnbelajaran

Metode

Alat dan Sumber Belajar

Penilaian Perkembangan Anak

Alat

Hasil

NAM ( 52) Melaksanakan tata tertib di

Upacara Bendera

Bercakap-cakap

Anak

Observasi

NAM.52

sekolah  ( Semangat Kebangsaan)

I. Kegiatan Awal

Demonstrasi

Gbr Kota Magetan

Percakapan

1. Jefri, Deo, Ardo

NAM(26)Berdoa sblm dan ssd kegiatan (Religius)

Berdoa – Salam

Pemberian Tugas

Lembar

Penugasan

3. Resti, Zahra,

 

Berbagi dan bercerita

Tanya Jawab

kerja

Hasil karya

NAM.26

Bhs(14 ) Menjawab pertanyaan tentang

Tanya Jawab tentg kota tempat tinggal anak-anak

   

Unjuk Kerja

1. Reksa, Fadli,

keterangan/informasi

II. Kegiatan Inti

     

3. Rifdah, Caca, Aziz

 

Area Bahasa

     

Bhs.14

Bhs( 35 ) Menebali huruf

Menebali tulisan “magetan” dan

     

1.Kesa, Restu

(gemar membaca)

mewarnai gambarnya

     

3. Caca, jefri, Yuyut

 

Area Seni

     

Bhs. 35

Fisik ( 66  ) Kolase(Kreatif)

Kolase gambar Genteng

     

1. Fadli, deo

 

Area Matematika

     

3. Caca,reksa, resti

Kog(33) Membilang banyak benda dr 1-10

Membilang jumlah genteng dan batubata

     

Fisik. 66

 

Area Musik

     

1. zahra, veda,

Fisik(68) Menyanyi 15 lagu anak-anak

Menyanyi lagu “ Magetan Kumandang”

     

3. reksa,rifdah,resti,yuyut,caca

(Mandiri)

III. Istirahat

     

Kog. 33

 

Cuci tangan, berdoa sblm dan ssdh makan

     

1.reksa, deo. Fadli

 

Bermain bebas

     

3. Caca, yuyut, resti, rifdah

 

IV. Kegitan akhir

     

Fisik 68

SE (  3 )Melaksanakan tugas yang diberikan sampai selesai

Tanya jawab tentang tugas yang sudah diberikan  bisa diselesaikan atau tidak?

     

3. Semua

( Tanggung jawab)

Diskusi tentang kegiatan satu hari

     

SE.3

.

Berdoa salam, Pulang

     

3. semua

Kepala TK NEGERI PEMBINA

Kec. Kawedanan

 

 

 

Guru Kelompok  A1