RPBK

(RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING)

Kegiatan 1

 

A. IDENTITAS

  1. Sekolah     : SMPN 8 MADIUN
  2. Kelas / Semester    : VIII / Gasal
  3. Bidang  Bimbingan           : Bimbingan Pribadi
  4. Topik/Pokok Bahasan       :
  5. Waktu Pelaksanaan           : 2 X 40 menit
  6. Aspek Pengembangan       ; -Mempersiapkan diri menerima dan bersikap positif serta              dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yg terjadi pada diri

   send.iri

 

B. TUJUAN KEGIATAN            : 1. Siswa memahami pentingnya kesehatan bagi remaja yg    sedang tumbuh .

                                                           2. Siswa memahami pola hidup sehat

C.NILAI KARAKTER BANGSA :-Rasa ingin tahu

 

D. MATERI                                : 1. Kesehatan bagi remaja

  2. Kesehatan dan penyakit

  3. Remaja dan stress

 

D. URAIAN KEGIATAN

TAHAP

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

 

Pembukaan

PERTEMUAN PERTAMA

Salam, Ceking Absensi Siswa, Membina Hubungan Baik

– Mengisi jurnal kelas

– Tanya jawab tentang kesehatan

– Menyampaikan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan

40 Menit

5Menit

Kegiatan inti

Kelas dibagi menjadi 6 kelompok

– Dimasing masing kelompok ada 6 siswa

– Memberi penjelasan pada masing-masing kelompok untuk mentaati peraturan dalam diskusi kelompok

– Mencermati langkah-langkah dan aturan dalam diskusi kelompok

– Menjelaskan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok untuk membahas :

1. Kesehatan bagi remaja

2.Kesehatan dan penyakit

3. Siswa bertanya pada guru pembimbing/konselor tentang hal-hal yang belum jelas

 

– Kelompok siapa yang berhasil menyelesaikan tugas terlebih dahulu,diberi pujian

– Presentasi hasil diskusi kelompok oleh ketua kelompok

– Masing-masing ketua kelompok maju untuk menyampaikan hasil diskusi

– Kelompok yang tidak maju/yang lain menanggapi dengan ditulis dibuku

– Konselor menyimpulkan hasil diskusi

– Diskusi kelas tentang pentingnya kesehatan bagi remaja

– Materi yang didiskusikan itu :

a. Apakah kelompok berhasil dalam menyelesaikan tugasnya

b. Bagaimana perasaan anggota kelompok yang pertama selesai terlebih dahulu

c. Bagaimana perasaan anggota kelompok lainya yang belum berhasil

30 menit

Penutup

– Konselor membacakan hasil diskusi kelas

– Evaluasi

 Refleksi hasil :

  2 orang siswa maju ke depan kelas secara bergantian untuk      menceritakan pengalamanya tentang kesan-kesan dan hasil yang dia peroleh

– Salam penutup

5 Menit

 

Pembukaan

PERTEMUAN KEDUA

Salam, Ceking Absensi Siswa, Membina Hubungan Baik

– Mengisi jurnal kelas

– Tanya jawab tenteang Peranan Agama dalam kehidupan             manusia

– Menyampaikan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan

40 Menit

5Menit

Kegiatan inti

Kelas dibagi menjadi 6 kelompok

– Di masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa

– Memberi penjelasan pada masing-masing kelompok untuk mentaati peraturan dalam diskusi kelompok

– Mencermati langkah-langkah dan aturan dalam diskusi kelompok

– Menjelaskan tugas yang harus dikerjakan oleh masing-masing kelompok untuk membahas :

1. Pengertian sabar

 2. Macam-macam sabar

 3. Cara melatih kesabaran

 4. Siswa bertanya pada guru pembimbing/konselor tentang hal-hal yang belum jelas

– Masing-masing kelompok berdiskusi dan salah satu siswa dalam kelompok menulis hasil diskusi

– Kelompok siapa yang berhasil menyelesaikan tugas terlebih dahulu,diberi pujian

– Presentasi hasil diskusi kelompok oleh ketua kelompok

– Masing-masing ketua kelompok maju untuk menyampaikan hasil diskusi

– Kelompok yang tidak maju/yang lain menanggapi dengan ditulis dibuku

– Konselor menyimpilkan hasil diskusi

– Diskusi kelas tentang peranan Agama dalam kehidupan manusia

– Materi yang didiskusikan itu :

a. Apakah kelompok berhasil dalam menyelesaikan tugasnya

b. Bagaimana perasaan anggota kelompok yang pertama selesai terlebih dahulu

    c. Bagaimana perasaan anggota kelompok lainya yang     belum berhasil

 

30 menit

Penutup

– Konselor membacakan hasil diskusi kelas

– Evaluasi

 Refleksi hasil :

  2 orang siswa maju ke depan kelas secara bergantian untuk      menceritakan pengalamanya tentang kesan-kesan dan hasil yang dia peroleh

– Salam penutup

5 Menit

 

E. METODE                               : Ceramah ,Tanya jawab, presentasi, diskusi kelas dan penugasan

 

F. MEDIA/ALAT                       : Pengaturan tempat duduk, modul BK, komputer dll.

 

G. EVALUASI                            :

1. Evaluasi Hasil

a. Laiseg                            : diukur dengan manggunakan lembar refleksi diri partisipasi siswa dalam mengikuti layanan kesungguhan siswa dalam mengerjakan modul

b. Laijapen                        : diukur dengan menggunakan lembar observasi terhadap siswa di sekolah

c. Laijapang                       ; diukur dengan hasil Observasi pada siswa terhadap tingkah laku anak dalam bersosialisasi dengan temanya

2. Evaluasi Proses                   : Mengadakan pengamatan selama proses kegiatan berlangsung aspek-aspek uang diamati antara lain :

a. Partisipasi siswa dalam proses berdiskusi

b. Sikap menghargai teman

c. Penyelesaian tugas refleksi diri

 

H. REFLEKSI DIRI

  Nama                                        : 

     No Absen                                 : 

     Kelas                                        :

  1. Jelaskan pengertian sabar …………………………………………………………

……………………………………………………………………………………..

2.  Sebutkan macam-macam sabar …………………………………………………….

    ……………………………………………………………………………………… 

3.  Jelaskan satu kesabaran yang pernah kamu laksanakan dalam melakukan perintah

    ………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

   4.  Jelaskan satu bentuk kesabaran yang pernah kamu lakukan dalam menjauhi  larangan …………………………………………………………………………….

      ………………………………………………………………………………………

  1. Jelaskan satu bentuk kesabaran yang pernah kamu lakukan ketika menerima musibah …………………………………………………………………………..

      ……………………………………………………………………………………

  1. Jelaskan menurut pendapatmu satu manfaat dari sikap sabar  ……………………     ………………………………………………………………………………………
  2. Cari dan tulislah satu kisah seorang tokoh yang sukses berkat kesabaranya ……

……………………………………………………………………………………

 

b. Pedoman Observasi

Nama Siswa                            :

Tempat                                    : Di lingkungan sekolah

Hari, Tanggal                          :

Waktu                                     : 1 X 40”

Observer                                  : Konselor

No

Sikap Sabar

Ya

Tidak

1.

Sabar dalam melaksanakan perintah

 

 

2.

Sabar dalam menjauhi laranganya

 

 

3.

Sabar dalam menerima pengalaman buruk

 

 

4.

Sabar menunggu guru dikelas ketika ganti jam

 

 

5.

Sabar dalam mangantri ambil air wudhu

 

 

 

I.    RUBRIK EVALUASI

      Evaluasi hasil

      Siswa dikatakan berhasil memperoleh pengalaman belajar dengan baik, apabila ;

–          Perilaku siswa di sekolah menunjukan kesabaran dalam melaksanakan tugas-tugas dari sekolah.

–          Perilaku siswa di sekolah menunjukan kesabaran dalam meninggalkan larangan-larangan dari sekolah

–          Perilaku siswa di sekolah menunjukan kesabaran ketika mendapatkan pengalaman-pengalaman buruk / tidak menyenangkan

 

J.   SUMBER                               : Al jaded fi syarhi at-tauhid,qultum.media.com 

 

K. ANGGARAN                         : Rp 5.000 untuk membeli kertas dan fotocopy instrument evaluasi (anggaran tersebut diperoleh dari sekolah)

 

I.   CATATAN                            :